Jumat, 08 Oktober 2010

JERIT MEMOHON UNTUK TUHAN

Ketika udara sedang sangat panas dan mentari bersinar terik seorang kuli panggul di sebuah gudang beras berjalan tergopoh dengan menanggung beban berat di punggungnya. Peluh menetes di sekujur tubuhnya di iringi dengan semerbak bau tubuhnya yang khas, ia menyeka peluhnya itu. Buah jakun di tenggorokannya turun naik menandakan dahaga sedang menyerangnya. Kemudian ia pun duduk di beberapa tumpuk karung beras yang beberapa waktu lalu di panggulnya. Ia seka keringat yang menetes di dahinya seraya berkata, "Ya Allah...panas banget ni hari...ujan dong..Ya Allah turunin ujan buat kita dong...saye kagak kuat lagi nih...tolong Ya Allah..tolong...."

Sementara di tempat lain dalam waktu yang bersamaan Hujan deras disertai angin dan halilintar sedang terjadi. Seeorang pengendara motor memarkir motornya di bawah fly over, ia berteduh setelah pakaiannya basah kuyup dengan hujan yang datang tiba-tiba. Ia sedikit memeras pakaiannya itu. Dan bergumam, "Ya Tuhan..perasaan tadi berangkat panas banget, kenapa sekarang jadi hujan begini deras ya...? Tuhan...pakaianku basah kuyup, tapi untuk pulang lagi waktunya ga mungkin ke kejar...Tuhan...tolong dong kasih panas kayak tadi...aku pingin datang on time nih ya Tuhan...bisa berabe kalo nggak...Plissss..."

Dan tak jauh dari sana hiduplah sepasang suami istri yang hidup di bawah garis kemiskinan. Hujan deras kali ini benar-benar membuat mereka repot. Genting mereka bocor di sana-sini, lantai yang hanya plesteran semen itu pun jadi licin karena beberapa sudutnya mulai sedikit tergenang. Sang suami sibuk mencari wadah untuk air hujan yang bocor ke rumah reot mereka. Sementara sang istri terlihat sibuk menenangkan kelima anaknya yang masih berusia di bawah sepuluh tahun.

"Eh pade diem ngape sih lu ! kagak liat ape ni rumah bocor ! noh liat baba lo sibuk nampanin aer ujan...! Kapok dah gue nih punya anak ! Gara-gara lo nih sering-sering minta begituan ! Kerja kagak lo !" Sang Istri terlihat begitu senewen

"Heh..enak aja lo nyalahin gue ! Dasar lo aja yang kesuburan ! ibarat kate di senggol doang jadi ! Pan gue iseng...namanya juga pengangguran, ya daripade nganggur trus ngelamun jorok kan mending begituan, Halal !" balas Sang suami

"Ya Alloh...tolong jangan bikin subur rahim gue lagi dah...! capek jadi orang miskin yang banyak anak begini...!"

Dalam jeda waktu yang tak beberapa lama di gudang beras, si Kuli panggul telah melanjutkan pekerjaannya. Ia kembali mengangkut beras dari truk ke gudang. Ia melewati tuannya yang sedang menelepon istrinya.

"Sayang...sudahlah...kita baru menikah lima tahun...jangan terlalu di pikirin..." Ujar si Tuan menenangkan istrinya di ujung sana yang terdengar menangis.

"Nggak di pikirin gimana sih yang ! Adik-adikku sudah pada hamil ! Kamu tau kan tuntutan orang tua kita ? "

"Ya, habis mau giman lagi..? Segala cara udah kita lakuin kan ? Tes terakhir kita berdua dinyatakan sehat malah...apa lagi yang harus kita lakuin hah ? duit kita aja udah abis puluhan juta !"

Dan setelah itu terjadi perdebatan sengit diantara mereka dengan diakhiri terputusnya telepon karena masalah sinyal.

"Halo..halo..yank...Hufff..." Si Tuan menghela nafas

Pikirannya terasa lelah, dan jiwanya pun terasa kian lelah oleh permasalahan itu. Dan ia pun berkata, "Tuhaaaan...dimana keadilan Mu ? Ada sementara orang yang kumpul kebo kau beri anak, tapi kami pasangan resmi yang berada di bawah naungan Mu tak kau beri anak hingga usia pernikahan kami yang ke lima ! Tuhaaaannn....berilah kami anak...satuuuu ajaaa..."

Waktu pun terus bergulir tanpa kita tahu apa yang terjadi di balik rahasia setiap tempat dan kejadian yang berlangsung terus...

Dan ternyata, banyak dari kita yang masih kurang mensyukuri atas ni'mat dan kehendak Allah SWT...Naudzubillahi min dzalik...semoga itu bukan kita...dan bila terjadi mari segera syukuri terhadap apapun yang telah DIA berikan kepada kita....

0 komentar:

Posting Komentar